Friday, July 28, 2017Register
 
  Selamat Datang di Website Sekolah Staf Dan Komando TNI Angkatan Laut 
Hubungi Kami
SEKOLAH
STAF DAN KOMANDO



TNI ANGKATAN LAUT


 
 



Membership Membership:
Latest New User Latest: roland nasution
New Today New Today: 0
New Yesterday New Yesterday: 0
User Count Overall: 125

People Online People Online:
Visitors Visitors: 34
Members Members: 0
Total Total: 34

Online Now Online Now:
 

     


    News Articles
PANGLIMA TNI : SATU PRAJURIT TNI TERSAKITI, SELURUH PRAJURIT TNI JUGA MERASA TERSAKITI

Seskoal,- “Satu orang Prajurit TNI tersakiti, maka sesungguhnya seluruh prajurit TNI juga merasa tersakiti. Penegasan tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulis yang dibacakan Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI TSNB. Hutabarat, M.MS saat bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Bendera 17-an yang dilaksanakan di Lapangan Apel Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (17/07) yang diikuti Para Pejabat Utama Seskoal, Patun dan Dosen, Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN serta Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-55 TP 2017 dengan Komandan Upacara Kapustaka Seskoal Letkol Laut (KH) Riduan, S.Ag., M.M., M.Tr. Hanla.

Pernyataan tersebut terkait dengan seringnya terjadi aksi terror terhadap aparat keamanan maupun aksi-aksi kejahatan yang menimpa masyarakat maupun prajurit TNI yang menimbulkan kegelisahan dan kecemasan masyarakat termasuk keluarga besar TNI seperti kejahatan geng motor yang telah merenggut nyawa beberapa prajurit TNI. Hal ini tentu menimbulkan keprihatinan dan sekaligus memerlukan langkah yang tepat dalam tindakan untuk mencegah agar tidak terulang lagi.

Namun demikian Pejabat nomor satu di jajaran TNI ini meminta kepada seluruh Prajurit TNI untuk tidak cemas dan risau karena selaku Pimpinan TNI akan senantiasa melindungi Prajurit TNI ketika mengambil sikap tegas dalam menindak aksi-aksi kejahatan yang menimpa masyarakat khususnya keluarga besar TNI.

“Kewajiban saya dan para Komandan satuan untuk bertanggungjawab atas segala tindakan yang kalian ambil secara benar dan sesuai prosedur hukum. Itulah komitmen saya dan saya setia kepada komitmen itu karena satu orang Prajurit TNI tersakiti, maka sesungguhnya seluruh prajurit TNI juga merasa tersakiti”, tegasnya.

by DispenSeskoal

PASIS SESKOAL IKUTI IIDSS 2017

Seskoal,- Sebanyak 130 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (DIKREG) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-55 TP 2017 didampingi Wakil Komandan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS., para Pejabat Utama dan Patun serta Dosen Seskoal mengikuti Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS) 2017 yang diselenggarakan Universitas Pertahanan (Unhan) di Kampus Bela Negara, Sentul, Jawa Barat, Rabu dan Kamis (12-13/07).  

Seminar dengan tema New Thinking for Strategic Policy in the Field of Security, Stability and Humanities Affairs in Region of Asia Pacific and Oceania, dibuka secara resmi oleh Menhan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu sekaligus menjadi keynote speaker.

IIDSS merupakan seminar pertama yang digelar oleh Unhan yang fokus pada ilmu pertahanan dengan undangan para rektor atau dekan dari 11 universitas pertahanan di dunia, seperti dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, India, Vietnam, Thailand, Prancis, Inggris, Etiopia, Australia, dan Qatar, serta mengundang Atase Pertahanan, perwakilan dari kedutaan besar negara-negara di Jakarta, Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Lemhanas, Komisi 1 DPR, organisasi internasional dan nasional seperti European Union dan CSIS. Disamping itu juga ada perwakilan BUMNIS (Badan Usaha Milik Negara Strategis) seperti Sritex, PTDI, LEN, dan Pindad.

Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M. Phil menyebutkan, tujuan diselenggarakannya seminar untuk menggali pemikiran-pemikiran baru tentang keamanan dan kesejahteraan global guna meningkatkan bahan perkuliahan dan promosi Unhan pada forum internasional menuju World Class University. Topik-topik yang dibahas terkait dengan ilmu pertahanan dan teknologi pertahanan, dengan menghadirkan 12 pembicara internasional dan 12 pembicara nasional yang dibagi dalam empat bagian utama; Security, Stability, Human Security, dan Human Welfare.

Sementara itu, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D selaku ketua penyelenggara seminar menegaskan, pada tataran global dan regional, disiplin ilmu pertahanan sangat dinamis, pengaruhnya signifikan dengan disiplin ilmu lainnya. Seminar juga menjadi ajang bagi para pejabat TNI dari Kemhan, Mabes Angkatan,  dan Mabes Polri berdiskusi dengan para pakar ilmu pertahanan di dunia.

by DispenSeskoal

KOMANDAN SESKOAL : STABILITAS KEAMANAN MARITIM DI PERAIRAN YURISDIKSI INDONESIA TIDAK BISA DITAWAR TAWAR

Seskoal,- “Stabilitas keamanan maritim di perairan yuridiksi Indonesia merupakan hal yang tidak bisa ditawar-tawar bagi Indonesia bukan saja karena laut sebagai sumber nafkah, media pemersatu dan media pertahanan bagi Indonesia, tetapi juga karena tanggung jawab Indonesia untuk menjamin stabilitas keamanan di kawasan”.

Hal tersebut disampaikan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS saat membuka Seminar Maritim Nasional di Pendopo Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (10/07).

Seminar ini diawali dengan suatu kesadaran akan pentingnya kerjasama maritim dan membangun saling pengertian antar stakeholder guna menghadapi ancaman maritim modern serta implementasinya dalam penyelesaian masalah maritim secara komprehensif sesuai dengan hukum nasional dan internasional yang berlaku dan disepakati sehingga dapat memberikan sumbangan dalam upaya mewujudkan ketertiban di laut yurisdiksi Indonesia untuk bisa dinikmati bagi seluruh rakyat Indonesia.

Posisi geografis Indonesia merupakan Competitive Advantage dibandingkan dengan negara-negara lain baik dalam segi geoekonomis, geopolitics, dan geostrategik. Meskipun Indonesia mendapat keuntungan yang sangat potensial dari letak geografisnya tersebut namun Indonesia juga dalam posisi yang rentan terhadap ancaman keamanan maritim.

Menurut Komandan Seskoal dengan meningkatnya jumlah arus pelayaran yang melewati perairan Indonesia maka akan berdampak terhadap masalah lingkungan hidup, sumber daya alam dan ancaman keamanan maritim itu sendiri. Fakta bahwa Indonesia yang menduduki dua pertiga kawasan Asia Tenggara sekaligus sebagai jalur penghubung Samudera Pasifik dan Samudera Hindia menjadikannya sebagai kunci stabilisator kawasan dan barometer bagi situasi keamanan maritim di Asia Tenggara.

Seminar yang mengangkat tema “Meningkatkan Kerjasama Keamanan Maritim yang Komprehensif Dalam Rangka Membangun Ketertiban di Laut Yurisdiksi Indonesia”, mengundang 3 pembicara yaitu Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmabar Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) dengan materi Membangun Kerjasama Keamanan Maritim yang Komprehensif, Kasubdit Kerma Polair Korpolairud Kombes Pol. Triyono Wibowo dengan materi Peran Polri dalam Kerjasama Mewujudkan Keamanan di Laut dan Wakil Rektor President University Prof. Anak Agung Banyu Perwita, PHD dengan materi An Integrated Cooperation In Maritime Security : An Elusive Approach?

Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 peserta diantaranya sejumlah Perwira Tinggi TNI AL, Kementerian Pertahanan, Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Bea Cukai, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai, Bakamla, Mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi, Para Pejabat Utama Seskoal, Patun dan Dosen serta Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-55 TP 2017.

by DispenSeskoal

PERTANDINGAN CABOR BOLA VOLI PORWILBAR 2017 DIPUSATKAN DI SESKOAL

SEskoal,- Pertandingan cabang olahraga Bola Voli dalam rangka pelaksanaan Pekan Olahraga TNI AL Wilayah Barat (Porwilbar) yang akan dilaksanakan 10 hingga 14 Juli 2017 mendatang dipusatkan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal).

Pagi ini, Kamis (06/07) bertempat di GOR M. Romly, Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, cabor bola voli sudah mulai dilaksanakan mendahului cabang olahraga lainnya yang juga akan dipertandingkan yaitu Sepak bola, bulu tangkis dan tenis lapangan.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., disaksikan Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS, para Pejabat Utama Seskoal, para atlet dari Mabesal, Kormar, Koarmabar, Seskoal, Pushidros, Kolinlamil dan Lantamal serta para supporter, membuka pertandingan ditandai dengan  pukulan bola pertama.

Dihari pertama pertandingan cabor bola voli, pada bagian putri, akan berhadapan  tim dari Seskoal melawan Koarmabar dilanjutkan dengan tim bola voli mabesal melawan Kolinlamil. Sementara di bagian putra akan bertanding tim bola voli Mabesal melawan Pushidrosal, Kormar melawan Koarmabar dan Lantamal melawan Seskoal.


by DispenSeskoal

PASIS DIKREG SESKOAL IKUTI DISKUSI PANEL BIDANG STRATEGI

Seskoal,- Sebanyak 130 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke 55 TP 2017 mengikuti Diskusi Panel Bidang Strategi di Kelas A, Gedung R.E Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (05/07) dihadiri Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M, Wadan Seskoal Laksma TNI TSNB. Hutabarat, M.MS, para Pejabat Utama Seskoal Kepala Departemen Strategi (Kadepstra) Seskoal Kolonel Laut (P) H. Krisno Utomo, PSC (J)., M.A., M.M.S, serta Patun dan Dosen Seskoal.

Kegiatan yang mengangkat tema “Startegi Maritim Indonesia Dalam Menghadapi Dinamika di Laut Tiongkok Selatan”, ini menghadirkan dua panelis yaitu Deputi Kelautan Kemaritiman, Kemenko Bidang Kemaritiman Dr. Arif Havas Oegroseno, S.H., M.H., dan Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI  Aan Kurnia, S.Sos, dengan moderator Kolonel Laut (P) H. Krisno Utomo, PSC (J)., M.A., M.M.S, dan Kolonel Laut (P) Basri Mustari.

Laut Tiongkok Selatan merupakan kawasan yang memiliki potensi sumber daya alam dan letak geografis yang sangat menguntungkan berupa minyak bumi dan gas alam dengan jumlah yang cukup besar serta merupakan jalur pelayaran dan komunikasi internasional . Kawasan laut Tionghkok Selatan apabila dilihat dalam tata lautan internasional merupakan kawasan yang memiliki nilai ekonomis, politis dan strategis sehingga menjadikan kawasan ini mengandung potensi konflik sekaligus potensi kerjasama.

Indonesia sebagai Negara yang berada di kawasan laut Tiongkok Selatan secara langsung atau tidak berpotensi mendapat pengaruh bagi kepentingan nasionalnya. Sehingga dalam diskusi ini dibahas bagaimana strategi maritim Indonesia dalam menghadapi ancaman potensial di Laut Tiongkok Selatan dihubungkan dengan posisi Indonesia sebagai non-claimant state terhadap konflik di Laut Tiongkok Selatan.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M meminta para Pasis untuk mengambil apa saja yang menjadi permasalahan sehingga dapat merumuskan strategi maritime untuk menghadapi dinamika di kawasan Laut Tiongkok Selatan demi tegaknya kedaulatan NKRI.

“Berikan ide, gagasan atau konsep strategi yang bersifat komprehensif sekaligus mampu menyusun suatu rumusan strategi agar dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran yang acceptable, accountable dan executable bagi TNI AL”, ujarnya.

5 Lampiran
by DispenSeskoal

Danseskoal
 


 

Download Flugin
List
PilihJudulK
PROFIL SESKOAL 5VTS_01_1.wmv
Syukur 4Syukur.mp3
Indonesia Navy 3I.wmv
Kopaska 2K.wmv
Bubuy Bulan 1B.mp3
 
 Links Terkait Minimize
 

LEMHANAS      


SESKO  TNI
     

SESKO  AD
  


SESKO  AU


SESPIM POLRI

  
 Maps Sekolah Staf Dan Komando TNI Angkatan Laut Minimize

  
 Links To Google Minimize
Google    

  
Create By Seskoal, Copyright Juli 2011